Rencana bisnis Era Milenial yang akan saya kembangkan adalah
Coffee Shop, karena mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kopi, apalagi anak
muda di Era Milenial yang sangat menyukai kopi. Oleh karena itu, saya tertarik
membuat rencana bisnis ini.
Sementara itu saya mempunyai motto dalam bisnis ini,
motto saya yaitu “Kopi Pejabat Harga Merakyat”. Penggunaan motto tersebut
karena kebanyakan harga Kopi di Coffe Shop sangatlah mahal, dan hanya bisa di
beli ataupun dinikmati oleh masyarakat menegah ke atas, dengan adanya Coffe
Shop yang saya buat, diharapkan Kopi kualitas Cafe dapat dinikmati oleh semua
kalangan, mulai kalangan masyarakat menengah ke bawah, ataupun kalangan
menengah ke atas. Sedangkan, rencana saya dalam bisnis ini, yaitu :
a.
Research Is A Must
(Melakukan Riset)
Hal pertama yang saya lakukan dalam bisnis coffe shop ini
adalah melakukan riset. Mengamati konsep bisnis yang diusung
café lain. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, Saya bisa mengambil banyak
ilmu berharga untuk menentukan karakteristik usaha coffee shop Saya. Coffee shop saya
harus memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari bisnis yang
sejenis.
b.
Membuat Visi Misi Bisnis Secara Matang
Apabila sudah memiliki konsep bisnis, maka
saya mengembangkannya menjadi visi misi yang realistis. Misalnya, ingin
mewujudkan bisnis coffe Shop yang ramah
bagi semua kalangan, dengan kualitas Cafe kekinian. Visi misi tersebut harus memotivasi
saya untuk melakukan berbagai strategi bisnis sesuai perkembangan zaman. Sambil
membuat visi misi, tidak lupa menyusun business plan secara detail agar rencana
saya lekas terealisasikan.
c.
Menyiapkan Modal Bisnis
Langkah selanjutnya yang saya lakukan sesudah memiliki
business plan dan visi misi adalah menyiapkan modal bisnis. Saya
mendapatkan Modal usaha dengan cara bekerja terlebih dahulu. Selain itu, saat bisnis Coffe
Shop mulai
beroperasi, saya berpeluang mendapatkan tambahan modal dari pihak investor yang
tertarik dengan konsep bisnis saya.
d.
Memilih
Lokasi Bisnis Yang Strategis
Lokasi
yang strategis menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis coffee shop.
Beberapa kriteria lokasi yang patut menjadi pertimbangan saya yaitu, lokasi mudah diakses semua orang,
mempunyai fasilitas parkir, dekat dengan kampus, perkantoran dan perbelanjaan.
e.
Mencari Penyuplai Biji Kopi Berkualitas
Kualitas biji kopi di suatu coffee shop sangat menentukan
minat pelanggan terhadap coffee shop tersebut. Oleh karena itu, saya meluangkan
waktu untuk mencari penyuplai biji kopi berkualitas.
f.
Menyiapkan Peralatan Coffe Shop Yang Memadai
Dalam menyiapkan peralatan coffee shop yang memadai, mencakup
beberapa peralatan berikut ini yaitu, Perlengkapan untuk membuat kopi (coffee
grinder, drip coffee maker, french press, dan mesin kopi espresso), Peralatan
pendukung lainnya (gelas ukur, sendok takar, timbangan digital, blender, dll),
Perlengkapan kebersihan (larutan pembersih, lap, sabun cuci piring), Meja
barista, Meja dan kursi pelanggan, Mesin kasir dan aplikasi pendukungnya.
g.
Mendesain Coffee Shop dengan Konsep yang
Nyaman dan Kekinian
Ini sangat penting karena
gaya interior yang simpel, menarik, dan juga Instagramable dapat menarik
minat pelanggan ke Coffe Shop.
h.
Membuat Menu Terbaik dan Menentukan Harga Yang Tepat
Menyiapkan
menu minuman kopi dan non kopi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan Melakukan
riset harga produk kompetitor supaya bisa menentukan rentang harga yang tepat.
Karena tarket pelanggan saya semua kalangan, mulai menengah kebawah dan menengah
keatas.
i.
Melakukan Inovasi Secara Berkelanjutan
Rutin menghadirkan menu baru dalam kurun waktu tertentu (misalnya dua bulan sekali) untuk menggugah rasa penasaran pelanggan.
0 Komentar