ERA DIGITAL : APA BUSSINES PLAN MU?

 

Rencana bisnis Era Milenial yang akan saya kembangkan adalah Coffee Shop, karena mayoritas masyarakat Indonesia menyukai kopi, apalagi anak muda di Era Milenial yang sangat menyukai kopi. Oleh karena itu, saya tertarik membuat rencana bisnis ini.

Sementara itu saya mempunyai motto dalam bisnis ini, motto saya yaitu “Kopi Pejabat Harga Merakyat”. Penggunaan motto tersebut karena kebanyakan harga Kopi di Coffe Shop sangatlah mahal, dan hanya bisa di beli ataupun dinikmati oleh masyarakat menegah ke atas, dengan adanya Coffe Shop yang saya buat, diharapkan Kopi kualitas Cafe dapat dinikmati oleh semua kalangan, mulai kalangan masyarakat menengah ke bawah, ataupun kalangan menengah ke atas. Sedangkan, rencana saya dalam bisnis ini, yaitu :

a.         Research Is A Must (Melakukan Riset)

Hal pertama yang saya lakukan dalam bisnis coffe shop ini adalah melakukan riset. Mengamati konsep bisnis yang diusung café lain. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, Saya bisa mengambil banyak ilmu berharga untuk menentukan karakteristik usaha coffee shop Saya. Coffee shop saya harus memiliki karakteristik unik yang membedakannya dari bisnis yang sejenis.

b.        Membuat Visi Misi Bisnis Secara Matang

Apabila sudah memiliki konsep bisnis, maka saya mengembangkannya menjadi visi misi yang realistis. Misalnya, ingin mewujudkan bisnis coffe Shop yang ramah bagi semua kalangan, dengan kualitas Cafe kekinian. Visi misi tersebut harus memotivasi saya untuk melakukan berbagai strategi bisnis sesuai perkembangan zaman. Sambil membuat visi misi, tidak lupa menyusun business plan secara detail agar rencana saya lekas terealisasikan.

c.         Menyiapkan Modal Bisnis

Langkah selanjutnya yang saya lakukan sesudah memiliki business plan dan visi misi adalah menyiapkan modal bisnis. Saya mendapatkan Modal usaha dengan cara bekerja terlebih dahulu. Selain itu, saat bisnis Coffe Shop mulai beroperasi, saya berpeluang mendapatkan tambahan modal dari pihak investor yang tertarik dengan konsep bisnis saya.

d.        Memilih Lokasi Bisnis Yang Strategis

Lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis coffee shop. Beberapa kriteria lokasi yang patut menjadi pertimbangan saya yaitu, lokasi mudah diakses semua orang, mempunyai fasilitas parkir, dekat dengan kampus, perkantoran dan perbelanjaan.

e.         Mencari Penyuplai Biji Kopi Berkualitas

Kualitas biji kopi di suatu coffee shop sangat menentukan minat pelanggan terhadap coffee shop tersebut. Oleh karena itu, saya meluangkan waktu untuk mencari penyuplai biji kopi berkualitas.

f.         Menyiapkan Peralatan Coffe Shop Yang Memadai

Dalam menyiapkan peralatan coffee shop yang memadai, mencakup beberapa peralatan berikut ini yaitu, Perlengkapan untuk membuat kopi (coffee grinder, drip coffee maker, french press, dan mesin kopi espresso), Peralatan pendukung lainnya (gelas ukur, sendok takar, timbangan digital, blender, dll), Perlengkapan kebersihan (larutan pembersih, lap, sabun cuci piring), Meja barista, Meja dan kursi pelanggan, Mesin kasir dan aplikasi pendukungnya.

g.        Mendesain Coffee Shop dengan Konsep yang Nyaman dan Kekinian

Ini sangat penting karena gaya interior yang simpel, menarik, dan juga Instagramable dapat menarik minat pelanggan ke Coffe Shop.

h.        Membuat Menu Terbaik dan Menentukan Harga Yang Tepat

Menyiapkan menu minuman kopi dan non kopi untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan Melakukan riset harga produk kompetitor supaya bisa menentukan rentang harga yang tepat. Karena tarket pelanggan saya semua kalangan, mulai menengah kebawah dan menengah keatas.

i.          Melakukan Inovasi Secara Berkelanjutan

Rutin menghadirkan menu baru dalam kurun waktu tertentu (misalnya dua bulan sekali) untuk menggugah rasa penasaran pelanggan.

Posting Komentar

0 Komentar